Hello... 

Kali ini saya akan memposting Saran tentang Radio dari teman saya... Cekidot Yukk... :D



Penulis nya bernama Ririn Rinarsih


1. Mungkin yang anda maksud adalah gelombang Radio dan gelombang Audio. Maka Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dari gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan gelombang audio (ditumpangkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF; "radio frequency")) pada suatu spektrum elektromagnetik, dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.


2. - Bagian Antena
Fungsi antena pada penerima radio adalah untuk menerima/ menangkap belombang radio yang dipancarkan oleh berbagai stasiun pemancar
- Bagian Tuning/Pemilih
Bagian tuning sering disebut juga bagian tuner atau penala. Komponen utamanya adalah lilitan email(kawat tembaga) dan kondensator (L.C).
Fungsi bagian tuning pada penerima radio adalah untuk memilih salah satu dari sekian banyak gelombang radio (RF= radio frekuensi) yang telah diterima oleh antena melalui teknik resonansi. (resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda akibat adanya benda lain yang bergetar).
- Bagian Detektor
Komponen utama pada bagian detector adalah diode.
Fungsi bagian detektor pada penerima radio adalah untuk memisahkan sinyal informasi( AF= audio frekuensi) dari sinyal pembawanya (RF= radio frekuensi).
- Bagian Penguat AF ( audio frekuensi) / Amplifier
Komponen utama pada bagian penguat AF adalah transistor atau IC.
Funsi bagian penguat AF pada penerima radio adalah untuk menguatkan sinyal informasi yang telah dipisahkan oleh bagian detector.
- Bagian alat suara
Fungsi bagian alat suara pada penerima radio adalah untuk mengubah sinyal informasi (AF) menjadi getaran suara yang dapat didengar oleh telinga manusia.


3. AM biasanya siaran pada mono yang membuatnya cukup untuk radio talk, sedangkan, FM dapat mengirimkan stereo yang membuatnya ideal untuk musik. FM biasanya memiliki kualitas sinyal yang lebih baik dari AM, tetapi rentang yang jauh berkurang. AM memiliki jangkauan jauh lebih tinggi daripada FM, yang biasanya turun setelah 50km dari stasiun radio. Oleh karena itu, FM harus menggunakan beberapa pemancar untuk menutupi area yang sama dari salah satu pemancar AM. Selain itu, teknologi AM jauh lebih murah daripada FM, namun karena kemajuan teknologi, biaya telah turun drastis. Untuk hal lain, sinyal AM, tidak seperti FM, sering terganggu oleh gedung-gedung tinggi dan cuaca, yang merupakan masalah besar di dunia saat ini.


4. radio konvensional artinya masih menggunakan pesawat radio biasa, kuat atau tidaknya jangkauan sangat tergantung dari pemancar.


5. Contoh HD Radio 
6. Karena pengiriman dan penerimaan sinyal radio dipengaruhi oleh banyak variabel. Atmosfer kelembaban, angin, matahari, penghalang fisik seperti gunung dan bangunan, dan cuaca sepanjang hari akan memiliki efek pada transmisi sinyal dan degradasi penerimaan sinyal. Semua gelombang radio sebagian diserap oleh uap air atmosfer. Jika penyerapan Atmosfer berkurang, maka hal ini akan melemahkan kekuatan sinyal radio jarak jauh.


7. Mohon maaf, dari kelompok kami belum tau tentang penggunaan medium streaming berupa gelombang kontinyu itu seperti apa.


8. Mohon maaf, dari kelompok kami belum tau tentang perangkat khusus yang dapat menangkap sinyal digital itu seperti apa.


9. karena radio satellit membutuhkan alat seperti hal nya parabola yang harus menghadap langsung kepada satelit di luar bumi.


10. -  Radio AM : Kelebihannya yaitu sinyal dapat berubah menjadi suara dengan peralatan sederhana. Jika sinyal cukup kuat, bahkan tidak dibutuhkan sumber daya khusus, dan dapat diterima dengan sebuah penerima radio kristal sederhana tanpa catu daya sama sekali (mungkin beberapa pembaca pernah mengalami proyek radio kristal di masa kecil. Kelemahannya yaitu dapat terganggu oleh gangguan atmosfir, bandwith yang sempit juga membatasi kualitas suara yang dapat disampaikan oleh kegiatan broadcasting radio.
-  Radio FM : Kelebihannya yaitu Noise lebih kecil (kualitas lebih baik) Daya yang dibutuhkan lebih kecil. Kelemahannya yaitu diperlukan perangkat penerima siaran yang lebih tinggi kemampuannya dibandingkan dengan siaran gelombang AM.

Posting Komentar

 
Top