Hai kawan...
Kali ini saya akan memposting tentang Bluetooth, mari....

Pengertian Bluetooth 

Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group.


Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas. Range yang dapat dijangkau oleh Bluetooth adalah 10 meter atau 30 feet.


Sejarah terciptanya Bluetooth
 
Sejarah mencatat, teknologi bluetooth ini dulunya dipromotori oleh 5 perusahaan besar kala itu diantaranya IBM, Ericsson, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) yang meluncurkan proyek teknologi bluetooth. Pada bulan Juli 1999 semua dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai dirilis.

Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0. Namun, ditambah 4 promotor baru yang meliputi  empat perusahaan besar  dunia Microsoft, Motorolla, 3Com dan Lucent Technologies. Hingga saat  ini lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang bergabung dalam konsorsium adapter teeknologi bluetooth. Meski standar SIG saat ini telah dimiliki oleh grup promotor pendirinya tetapi diharapkan akan menjadi sebuah standar IEEE 802.15.


Asal nama Bluetooth dan lambangnya
 
Nama "bluetooth" berasal dari nama raja di akhir abad sepuluh, Harald Blatand (Abad 10) yang di Inggris juga dijuluki Harald Bluetooth kemungkinan karena memang giginya berwarna gelap. Ia adalah raja Denmark yang telah berhasil menyatukan suku-suku yang sebelumnya berperang, termasuk suku dari wilayah yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia. Bahkan wilayah Scania di Swedia, tempat teknologi bluetooth ini ditemukan juga termasuk daerah kekuasaannya. Kemampuan raja itu sebagai pemersatu juga mirip dengan teknologi bluetooth sekarang yang bisa menghubungkan berbagai peralatan seperti komputer personal dan telepon genggam.

Sedangkan logo bluetooth berasal dari penyatuan dua huruf Jerman yang analog dengan huruf H dan B (singkatan dari Harald Bluetooth), yaitu (Hagall) dan (Blatand) yang kemudian digabungkan.



Versi bluetooth dari masa ke masa 

  • Bluetooth Versi 1.0 dan V1.0B
Versi pertama kali yang di rilis adalah versi v1.0 dan v1.0B, kedua versi ini mengalami kegagalan karena perangkat dan teknologi bluetooth versi ini belum banyak yang menggunakan.
 
  • Bluetooth V1.1 hingga 2.0 + EDR
Bluetooth terus mengalami perkembangan yang menunjukan perbaikan pada v1.1 dengan standar IEEE Standerd 802.15.1-2002, namun versi ini masih membawa kekurangan dari versi sebelumnya. Akhirnya v1.2 yang meraih sukses dipasaran. Bluetooth terus berkembang dan memperbaiki kekurangannya, versi bluetooth v2.0 ditambah teknologi Enhanced Data Rate (EDR) dirilis di tahun 2004. Kecepatan transfer bertambah hingga 3 Mbps. Yang pada sebelumnya hanya memiliki kecepatan transfer 712 Kbps.

  • Bluetooth Versi 2.1 + EDR
Pada tahun 2007  peluncuran bluetooth v2.0 + EDR. Selanjutnya bluetooth v2.1 + EDR diluncurkan, pada versi ini diperkenalkan teknologi anyar bernama SSP yang  mampu meningkatkan kemampuan pengirim dan penerima sinyal kedua perangkat bluetooth. Teknologi bluetooth v2.1 juga mengenalkan fitur EIR yang memungkinkan penyaringan lebih baik dan dapat menghemat penggunaan daya.
  • Bluetooth Versi 3.0 + HS
Versi ini diperkenalkan pada 21 April 2009 yang menawarkan kecepatan tranfer hingga 24 Mbps. Pada versi ini bluetooth telah menggunakan link wireless 802.11, teknologi yang digunakan pada WiFi. Dengan ini kecepatan tranfer bertambah. Kata “HS” merupakan singkatan dari High Speed melalui penggunaan link wireless 802.11.
  • Bluetooth Versi 4.0
Nah, inilah versi terakhir dari teknologi bluetooth saat ini.  Pada versi ini penggunaan daya yang rendah menjadi keunggulannya. Bluetooth telah menggunakan fitur BLE yang mampu mengurangi konsumsi daya. Keunggulan lain pada bluetooth v4.0 yakni jangkauan yang lebih luas dan tentunya tranfer data yang lebih cepat.


Fitur Keamanan
 
Bluetooth dirancang untuk memiliki fitur-fitur keamanan sehingga dapat digunakan secara aman baik dalam lingkungan bisnis maupun rumah tangga. Fitur-fitur yang disediakan bluetooth antara lain sebagai berikut:
 
> Enkripsi data
> Autentikasi pengguna
> Lompatan frekuensi cepat (1600 hops/sec)
> Kontrol pengeluaran energi

Fitur-fitur tersebut menyediakan fungsi-fungsi keamanan dari tingkat keamanan layer fisik/ radio yaitu gangguan dari penyadapan sampai dengan tingkat keamanan layer yang lebih tinggi seperti password dan PIN. Tetapi dari sebuah artikel Internet, menurut penelitian dua mahasiswa Universitas Tel Aviv, mengenai adanya kemungkinan Bluetooth bisa disadap dengan proses pairing berpasangan.
Caranya adalah dengan menyiapkan sebuah kunci rahasia pada proses pairing. Selama ini dua perangkat bluetooth menyiapkan kunci digital 128 bit. Ini adalah kunci rahasia yang kemudian disimpan dan dipakai dalam proses enkripsi pada komunikasi selanjutnya. Langkah pertama ini mengharuskan pengguna yang sah untuk menginputkan kunci rahasia yang sesuai, PIN empat digit ke perangkat. Pesan lalu dikirim ke perangkat lainnya, dan ketika ditanyai kunci rahasia, dia berpura-pura lupa. Hal ini memacu perangkat lain untuk memutus kunci dan keduanya lalu mulai proses pairing baru. Kesempatan ini kemudian bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk mengetahui kunci rahasia yang baru. Selain mengirim ini ke perangkat Bluetooth yang dituju, semua perangkat Bluetooth yang ada dalam jangkauan itu juga tetap dapat disadap.


Kelebihan bluetooth
 
- Bluetooth dapat menembus dinding dan media rintangan lain namun tetap harus dengan jarak maksimal 10 meter.
- Teknologi Bluetooth tak memerlukan kabel atau media lain untuk transfer data.
- Bluetooth dapat mensikronasikan data dari ponsel ke komputer ataupun sebaliknya.
- Bluetooth memiliki penggunaan daya rendah dan dapat digunakan sebagai perantara modem.
 

Kekurangan bluetooth
 
- Teknologi Bluetooth masih  menggunakan frekuensi sama dengan jaringan LAN.
- Apabila dalam suatu ruangan terlalu banyak koneksi Bluetooth yang digunakan, akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima yang diharapkan.
- Di Indonesia, sudah banyak virus yang dapat menyebar melalui Bluetooth.
- Banyak keamanan Bluetooth yang harus diperhatikan guna mencegah tranfer data gagal.


Sekian dari saya dan terima kasih, semoga pembaca dapat berkunjung lagi ke Blog ini, ya semoga saja... :-D



Baca Pula Seputar Pertanyaan & Jawaban Bluetooth... >>Klik Disini...



Sumber: 
Wikipedia

Posting Komentar

 
Top