Hai kawan...

Postingan kali ini mengenai tentang pertanyaan-pertanyaan seputar Bluetooth. Mari kawan...


1. Bagaimana penamaan pada perangkat bluetooth?
@Saepul Bahri

Jawaban :

Penamaannya tergantung dengan perangkat bluetooth yang digunakan. Setiap perangkat bluetooth memiliki penamaan yang berbeda.

2. Apakah yang dimaksud teknologi BLE yang digunakan pada bluetooth 4.0?
@Jeli Nios
Jawaban:
BLE adalah singkatan dari Bluetooth Low Energy, yaitu teknologi Bluetooth dengan penggunaan daya yang rendah, biaya produksi murah, jangkauan yang luas dan kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s.

3. Selain untuk komunikasi data, sebutkan penggunaan luetooth dikehidupan sehari-hari?
@Ahmad Johan & @Lifia Amanda
Jawaban:
- Penggunaan Handsfree saat berkendara.
- Penggunaan Headset Bluetooth yang dapat mengurangi radiasi dari ponsel.
- Mouse Wireless yang menggunakan Bluetooth.
- Keyboard Wireless

4. Sebutkan banyaknya mekanisme keamanan bluetooth?
@Bella Noviyantikarani
Jawaban:
-Enkripsi data
-Autentikasi pengguna
-Lompatan frekuensi cepat (1600 hops/sec)
-Kontrol pengeluaran energi

5. Bagaimana langkah terbaik dalam menghindari sebuah serangan hacker dalam menggunakan bluetooth?
@Agus Maulana
Jawaban:
Cara terbaik adalah pastikan visibility Bluetooth kita hanya dapat dilihat saat akan mengirim file saja dan pastikan kode pengaman pada kedua perangkat yang akan mengirim file.

6. Apa bedanya bluetooth dgn wifi?
@Wahyudin
Jawaban :
1. Jangkauan -- Kisaran area wi-fi cukup luas yaitu sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Di sisi lain,   Bluetooth memiliki jarak sekitar 30 kaki.
2. Standar -- Bluetooth dan wi-fi bekerja pada standar yang berbeda. Instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11n. Sedangkan perangkat Bluetooth yang saat ini mengikuti standar 2,0 bluetooth.
3. Instalasi -- Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana sehingga tidak perlu dikonfigurasi. Anda bisa langsung mengaktifkan perangkat bluetooth lain untuk mentransfer data. Jika Anda ingin mengaktifkan fasilitas bluetooth di komputer pribadi anda, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan membeli adaptor bluetooth. Berbeda dengan bluetootf, wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk wi-fi mengaktifkan jaringan, juga diperlukan router dan modem.
4. Akses -- Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlah besar komputer desktop dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi. Bluetooth hanya memungkinkan Anda untuk membentuk PAN (Personal Area Network), dan tidak dapat membentuk suatu Local Area Network (LAN),
5. Kecepatan Transfer -- Perbedaan lain antara wi-fi dan bluetooth adalah bahwa kecepatan transfer data untuk bluetooth ini jauh lebih tinggi dari wi-fi. Menggunakan Bluetooth, Anda dapat mentransfer data dengan kecepatan 800 kbps, sedangkan wi-fi adalah data yang rentan terhadap kerugian dan karenanya memiliki kecepatan lebih rendah. Jika anda terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download Anda akan lebih kecil dari apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda terhubung menggunakan internet broadband.
6. Aplikasi -- Bluetooth digunakan untuk transfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Anda dapat mengakses printer dengan mengaktifkan bluetooth dari komputer Anda. Untuk wi-fi, Anda tidak hanya dapat membuat transfer data kecil, tetapi Anda dapat mengakses database dan software yang terletak di beberapa perangkat lain dalam jaringan. Akses internet nirkabel juga dapat diberikan kepada semua komputer dalam area LAN. Dalam kasus Bluetooth, hal ini tidak mungkin.

7. Apa latar belakang dibuatnya bluetooth ?
@Yayat Supriyatna
Jawaban :
Untuk mempermudah dan mempercepat transfer data dibanding dengan infrared yang masih banyak kelemahannya terutama di jarak dan kecepatan.

8. Bagaimana sistem keamanan bluetooth pada saat pengiriman data ?
@Tika Martiyani
Jawaban :
Sangat rentan terserang virus, jadi lebih diutamakan memakai antivirus.

9. Cara  menenskripsi data di bluetooth ?
@Ryan Setiagi & @Sepriana
Jawaban :
 - Pada layar awal, klik area koneksi dibagian atas layar, atau klik icon kelola koneksi.
 - Klik jaringan dan koneksi > koneksi bluetooth.
 - Tekan tombol menu > opsi.
 - Pilih kotak centang Enkripsi.
 - Tekan tombol Menu > Simpan.

10. Apa yang dimaksud kontrol pengeluaran energi ?
@Muh. Jahidin
Jawaban :
Fitur hemat daya saat penggunaan bluetooth.

11. Apakah yang dimaksud dengan layanan komunikasi point to point dan komunikasi point to multi point. dan apa perbedaannya dalam sistem bluetooth?
@Ririn Rinasih
Jawaban :
Point to point berarti komunkasi dari satu perangkat ke satu perangkat lainnya, sedangkan point to multipoint adalah komunikasi dari satu perangkat ke banyak perangkat lainnya. Perbedaanya pada banyak perangkat yang terhubung.

12. Adakah batasan transfer data pada bluetooth ?
@Ine Srihayati
Jawaban :
Ada, yaitu hingga 1 Mb/s

13. Bagaimana perkembangan bluetooth saat ini?
@Alfuad Sultan
Jawaban:
Saat ini Bluetooth sudah mencapai versi 4.2 dengan peningkatan kecepatan sampai 2.5x dari versi sebelumnya serta mengurangi konsumsi daya. Selain itu Bluetooth 4.2 kini telah mendukung protokol IPv6 berkat adanya sensor Bluetooth Smart. Ini memungkinkan perangkat Bluetooth dapat mengakses internet secara langsung melalui protokol IPv6 dan router WiFi di sekitarnya. Fitur privasi baru juga turut dihadirkan. Bluetooth SIG mengklaim, fitur ini membuat pelacakan perangkat tanpa seizin penggunanya jadi jauh lebih sulit.

14. Bluetooth digunakan sebagai perantara modem, perantara seperti apa ? dan bagaimana caranya?
@Hertiyanah
Jawaban:
Yang dimaksud sebagai perantara modem yaitu Bluetooth dapat menghubungkan perangkat ponsel dengan PC. Cara kerjanya adalah ponsel terlebih dahulu dihubungkan dengan PC menggunakan Bluetooth, selanjutnya ponsel tersebut dapat dikonfigurasi menjadi modem pada PC.

15. Apa fungsi dari fitur enkripsi data pada bluetooth?
@Eka Halimatus
Jawaban:
Fitur tersebut menyediakan fungsi keamanan dari tingkat keamanan layer fisik/ radio yaitu gangguan dari penyadapan sampai dengan tingkat keamanan layer yang lebih tinggi seperti Password dan PIN.

16. Apa yang dimaksud dengan mensinkronisasi basis data pada bluetooth ?
@Elita Fitriani
Jawaban:
Mensinkronisasi basis data adalah proses dimana data dari satu perangkat di sinkronisasikan ke perangkat yang lain, contohnya data pada ponsel dapat di sinkronisasikan pada PC.

17. Bagaimana perbedaan bluetooth dengan infrared?
@Khanif Kurniawan
Jawaban:
-Infrared menggunakan sinar untuk memancarkan sinyal, seperti tv remote, sedangkan bluetooth menggunakan frekuensi radio (RF) (2,4 GHz) untuk membroadcast sinyal.
-Infrared tidak dapat tembus benda yang menghalanginya untuk menjangkau receiver atau butuh pantulan ,karena sifatnya cahaya, namun bluetooth dapat menembus benda seperti dinding sejauh tidak memiliki skin depth yang tinggi.

18. Jelaskan tentang sitem tdd (time division duplex)?
@Maulana Harun Ar-Rosyid (Admin)
Jawaban:
Time Division Duplex ( TDD ) mengacu duplex link komunikasi di mana uplink dipisahkan dari downlink dengan alokasi slot waktu yang berbeda pada pita frekuensi yang sama . Ini adalah skema transmisi yang memungkinkan aliran asimetris untuk transmisi uplink dan downlink data. Pengguna dialokasikan slot waktu untuk uplink dan downlink transmisi .
Waktu division multiplexing memisahkan uplink dan downlink sinyal dengan mencocokkan komunikasi full duplex melalui link komunikasi half-duplex . Metode ini sangat menguntungkan dalam hal ada asimetri kecepatan data uplink dan downlink . TDD membagi aliran data ke dalam frame dan memberikan slot waktu yang berbeda untuk meneruskan dan membalikkan transmisi , sehingga memungkinkan kedua jenis transmisi untuk berbagi media transmisi yang sama.

19. Jelaskan tentang frekuensi hopping pada bluetooth?
@Ade Suryadi & @Usman Labib
Jawaban:
Frekuensi hopping adalah salah satu dari dua teknik modulasi dasar yang digunakan dalam transmisisinyal spread spectrum. Ini adalah switching ulang frekuensi selama transmisi radio, sering untuk mengurangi efektivitas dari "perang elektronik" - yaitu, intersepsi tidak sah atau jammingtelekomunikasi.

20. Sebutkan dan jelaskan benda yang mengganggu koneksi?
@Agus Salam
Jawaban:
Perangkat Bluetooth yang lain, karena semakin banyak perangkat Bluetooth di suatu ruangan, maka akan semakin sulit untuk menemukan Bluetooth yang akan dikoneksikan.
Benda yang dapat memancarkan gelombang elektromagnetik, karena akan mengganggu signal Bluetooth yang akan mengakibatkan koneksi yang lambat.

21. Apa yang dimaksud dengan circuit switching dan packet switching?
@Riska Rismayanti
Jawaban:
Circuit switching merupakan metodologi penerapan jaringan telekomunikasi di mana dua node jaringan membentuk suatu saluran komunikasi khusus (sirkuit) melalui jaringan sebelum node dapat berkomunikasi. Rangkaian menjamin bandwidth penuh dari saluran dan tetap terhubung selama sesi komunikasi.

22. kenapa bluetooth tidak memerlukan line of sight antara perangkat komunikasi?
@Dita Veriani
Jawaban:
Karena Bluetooth menggunakan gelombang radio yang dapat menembus suatu penghalang seperti dinding, jadi Bluetooth tidak memerlukan Line Of Sight.

23. Apa itu kanal data ansinkron ? dan kenapa bluetooth dapat mendukung kanal tersebut ?
@Siti Yuliyanti
jawaban :
Pada transmisi asinkron informasi akan diuraikan menjadi karakter dan masing-masing karakter tersebut memiliki bit yang diidentifikasi-kan sebagai awalan blok (start block} dan bit akhiran blok (stop block), karena, Pengiriman data tak sinkron ini lebih sederhana dibanding-kan dengan pengiriman data sinkron karena hanya isyarat data saja yang dikirimkan.

24. Bluetooth digunakan pertama kali untuk ?
@Timi Rohimi
Jawaban :
alternatif pengganti salah satu konektor kabel.

25. Apa perbedaan antara kanal sinkron dan kanal asinkron ?
@Agung
Jawaban :
Sinkron adalah komunikasi yang secara sertempak dalam waktu nyata ( Real Time ). Sedangkan komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi yang dilakukan secara tunda.

26. Berapa jarak mekanisme agar sambungan tidak terputus saat transfer data melalui  bluetooth ?
@Aga Julantiadi
Jawaban:
Maksimal 10 meter

Sekian postingan kali ini dan terimakasih atas kunjungan nya.... Bye...

Baca Pula Materi Bluetooth... >>Klik Disini...

Posting Komentar

  1. Aku punya cpu game 2 unit bersebelahan,masing2 pc memakai stik bluetooth....
    Bgm cara spy stik pc A tdk terhubung ke pc B ?

    BalasHapus
  2. Intinya jika cpu A dinyalakan pertama kali, maka seluruh bluetooth akan masuk ke pc A...
    Mau maen game di pc B, stiknya kok nyambung ke pc A....
    Mumet aku

    BalasHapus

 
Top